ARTIKEL

Mengenal Asuransi: Tujuan, Manfaat dan Fungsinya

Dalam piramida keuangan, asuransi menempati posisi dasar, yaitu perlindungan kekayaan untuk menjaga kesejahteraan masa depan. Penempatan asuransi pada prioritas utama tentu tidak lepas dari manfaat asuransi yang diperoleh pemegang polis.

Dalam pembahasan ini, kita fokus membahas tujuan, manfaat, dan fungsi dari asuransi. Akan lebih baik jika Anda mengetahui lebih dalam tentang asuransi dengan membaca artikel.

Apa itu Asuransi?
Asuransi pada dasarnya merupakan perjanjian antara pihak asuransi sebagai penanggung dan nasabah sebagai tertanggung. Dalam asuransi, penanggung memberikan pertanggungan atau penggantian apabila terjadi sesuatu yang menimpa pihak tertanggung atau barang miliknya sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati.

Singkatnya, perusahaan asuransi memberikan penggantian kepada nasabah jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Sementara itu, nasabah sebagai tertanggung juga harus melaksanakan kewajibannya, yakni membayar iuran premi asuransi sesuai perjanjian.

Tujuan Memiliki Asuransi
Bukan tanpa alasan orang memiliki asuransi. Pasalnya, kepemilikan asuransi bertujuan untuk tiga hal di bawah ini.

  1. Melindungi Kehidupan dan Proteksi Aset
    Ketika terjadi risiko seperti masuk rumah sakit, tidak jarang kehidupan dan aset menjadi korban. Asuransi bisa melindungi kehidupan dan aset yang dimiliki oleh nasabah pada saat hal tersebut terjadi. Nasabah tidak perlu mengorbankan aset karena perusahaan asuransi sudah menanggung biaya dari kejadian tersebut.
  2. Memberikan Perlindungan Finansial dan Keamanan Jangka Panjang
    Banyak orang yang berpikir bahwa dampak asuransi tidak bisa dirasakan pada saat ini. Faktanya, asuransi bertujuan untuk memberikan perlindungan finansial dalam jangka panjang. Nasabah pun tidak perlu khawatir karena keuangan akan tetap aman dalam kondisi apa pun.
  3. Mengurangi Dampak Kerugian Akibat Kejadian Tak Terduga
    Kejadian tidak terduga selalu mengakibatkan risiko, terutama dari segi finansial. Asuransi bisa meminimalkan dampak yang sifatnya mendadak tersebut sehingga tidak berkembang menjadi lebih serius. Contohnya, nasabah yang meninggal dunia padahal menjadi kepala keluarga. Ahli waris nasabah tersebut akan mendapatkan uang pertanggungan sebagai bekal hidupnya.

Manfaat Memiliki Asuransi
Asuransi juga membawa manfaat perlindungan dari berbagai aspek kehidupan, tidak hanya finansial. Aspek seperti kesehatan, jiwa, bahkan pendidikan dan pensiun pun merasakan manfaat dari asuransi. Lihat penjelasannya di bawah ini.

  1. Perlindungan Finansial
    Bencana alam, kecelakaan, dan kejadian tidak terduga lainnya tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk pulih dari peristiwa tersebut. Asuransi memberikan manfaat berupa perlindungan finansial sehingga nasabah tetap mampu memenuhi kebutuhannya.
  2. Perlindungan Kesehatan
    Perusahaan asuransi yang kredibel memiliki jejaring ke fasilitas pelayanan kesehatan yang mumpuni. Memiliki asuransi berarti nasabah berpeluang memperoleh akses ke perawatan medis yang berkualitas baik untuk rawat inap maupun rawat jalan.
  3. Perlindungan Jiwa
    Asuransi juga bermanfaat ketika nasabah yang berstatus sebagai pencari nafkah berpulang. Ahli waris akan memperoleh akses berupa santunan atau manfaat kematian dari premi asuransi yang dibayarkan oleh nasabah tersebut.
  4. Perlindungan Pendidikan
    Biaya pendidikan yang tinggi dan selalu meningkat tentu menjadi kekhawatiran bagi orang tua. Solusinya, mereka bisa membuka asuransi untuk menyediakan rencana perlindungan dana pendidikan bagi buah hatinya.
  5. Persiapan Pensiun
    Ada juga asuransi yang memiliki masa pertanggungan sampai nasabah memutuskan untuk tidak lagi bekerja dengan alasan pensiun. Asuransi memberikan manfaat berupa persiapan dana pensiun sehingga kebutuhan pada usia senja tetap tercukupi.

Fungsi Asuransi
Tujuan dan manfaat asuransi memang berdampak untuk masa depan. Namun, asuransi juga memiliki fungsi yang bisa dirasakan selama masa pertanggungannya. Seperti apa fungsi dari asuransi tersebut?

  1. Mengelola Risiko
    Manajemen risiko diperlukan dalam berbagai aspek kehidupan. Asuransi berfungsi dalam mengidentifikasi, mengukur, dan mengelola risiko yang mungkin terjadi. Nasabah bisa terhindar dari risiko keuangan akibat mengalami kejadian yang tidak diinginkan karena sudah ditanggung pihak asuransi.
  2. Menyediakan Keamanan Finansial
    Asuransi juga berfungsi untuk menyediakan keamanan finansial bagi nasabah. Nasabah tidak perlu merasa cemas ketika terjadi masa sulit karena sudah memiliki asuransi yang siap menanggungnya. Nasabah hanya fokus pada kewajibannya, yaitu membayar premi dengan periode dan jumlah yang sudah disepakati.
  3. Memberikan Ketenangan Pikiran
    Memiliki asuransi juga berfungsi untuk meningkatkan kesejahteraan secara psikologis. Nasabah bisa merasakan ketenangan pikiran dan tidak perlu khawatir ketika sudah memiliki asuransi. Pikiran yang rileks tentu akan membuat nasabah bisa berkonsentrasi untuk menjalani kehidupan sehari-harinya dengan tenang.

Apakah Anda tertarik memiliki asuransi setelah mengetahui tujuan, manfaat, dan fungsi asuransi ini? Sebagai referensi,Anda dapat membaca artikel ini: Jangan Abai! Inilah 4 Tips Memilih Asuransi yang Tepat agar bisa memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan. Asuransi yang tepat tentu disediakan oleh perusahaan asuransi yang tepercaya seperti MitraMandiri.

MitraMandiri memiliki berbagai jenis produk asuransi, mulai dari Asuransi Kesehatan, Asuransi Jiwa, hingga Asuransi Pendidikan untuk proteksi finansial Anda dan keluarga. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut mengenai produk Asuransi Kesehatan ini. Mari rencanakan kebutuhan finansial yang aman demi masa depan Anda dan keluarga bersama MitraMandiri.